Programming Algorithm

Bahasa pemrograman merupakan bahasa komputer yang dapat disebut bahasa primitif. Dikatakan bahasa primitif karena bahasa komputer hanya menuruti perintah yang telah diberikan pencipta program. Program akan melakukan apa yang telah dikodekan oleh penciptanya dan tidak akan melenceng dari kode yang telah diberikan. Program ini juga dapat dicontohkan pada sebuah robot yang hanya melakukan perintah secara primitif. Misalnya jika robot disuruh berjalan 10 langkah ke belakang, maka robot tersebut akan mundur 10 langkah tanpa memperhatikan situasi di belakangnya. Meskipun di belakang robot tersebut terdapat jurang, robot akan tetap jalan. Seperti itulah gambaran bahasa primitif.

Ada banyak jenis-jenis bahasa pemrograman seperti pascal, bahasa C, C#, Visual Basic 6.0, java, .Net dan banyak lagi. Untuk mengubah kode-kode program ke dalam bahasa mesin (untuk dapat dijalankan) disebut compiler sedangkan dalam melakukan running program dibutuhkan sebuah interpreter.

Kode-kode program dibaca line demi line. Dan jika ditemukan error maka program tidak akan dapat dijalankan. Jadi untuk menjadi programmer dibutuhkan ketelitian dan logika dalam membuat sebuah program.

Sebelum belajar algoritma pemrograman, akan lebih baik kita pahami terlebih dahulu langkah-langkah pembuatan suatu program. Terdapat beberapa langkah umum dalam pembuatan suatu program yaitu:

  1. Mendefinisikan masalah
  2. Mencari solusinya
  3. Menentukan algoritma
  4. Menulis program
  5. Menguji program
  6. Mendokumentasikan program
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: